iPhone 15 Tak Laku, Ini Juru Selamat Apple Lawan HP China

People line up as they wait at an Apple Store as Apple's new iPhone 15 officially goes on sale across China, in Shanghai, China September 22, 2023. REUTERS/Aly Song

Apple akan mengandalkan teknologi Artificial Intelligence untuk meningkatkan penjualan iPhone tahun depan. Sejumlah fitur AI dilaporkan akan tersedia pada seri iPhone 16.

Apple Insider melaporkan hal tersebut mengutip dari catatan Wedbush. Perusahaan investasi tersebut mengatakan fitur AI akan jadi supercycle bagi iPhone terbaru nantinya.

Sebagai informasi, supercycle adalah peningkatan penjualan pada suatu produk. Diramalkan pula penjualan yang sempat melambat di China akan berbalik arah.

Fitur AI yang dikembangkan Apple diprediksi akan diperkenalkan pada gelaran WWDC bulan Juni mendatang. Acara itu juga kemungkinan jadi debut pembaruan sistem operasi iOS 18.

Dalam catatan Wedbush disebutkan pengenalan AI pada WWDC kemungkinan jadi salah satu peristiwa paling penting bagi bos Apple Tim Cook selama dekade ini, dikutip Senin (27/5/2024).

Bisnis Apple terus memburuk sejak tahun lalu. Bahkan masuk tahun 2024 keadaannya tak membaik.

Selama enam minggu pertama tahun 2024, penjualan iPhone di China dilaporkan merosot 24% dari tahun sebelumnya. Padahal periode tersebut merupakan musim puncak konsumen di China untuk membeli ponsel baru.

Apple harus berhadapan dengan Huawei yang baru saja kembali ke pasar HP premium tahun lalu. Counterpoint Research melaporkan perusahaan mengalami kenaikan penjualan mencapai 64%.

Dengan keadaan tersebut, diperkirakan masa emas Apple sudah berakhir. China diketahui pasar terpenting Apple setelah Amerika Serikat (AS).

“Masa keemasan Apple di China telah berakhir,” kata Linda Sui, direktur senior di TechInsights, dikutip dari The Economic Times.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*